Shelter Isoman Covid-19 di Yogyakarta dan Sekitarnya

Dinas Sosial DIY mengalokasikan anggaran untuk mengaktifkan 59 shelter isolasi mandiri penyintas Covid-19 dengan gejala ringan. Shelter-shelter yang berkapasitas antara 10 hingga 72 kamar tersebut diberikan dana pengelolaan Rp 92 juta untuk periode dua minggu isolasi guna mencukupi kebutuhan penyintas. Shelter ini sudah diaktifkan sejak 1 Juli kemarin sebagai upaya antisipasi lonjakan pasien positif yang terjadi sejak pertengahan Juni lalu.

Shelter-shelter tersebut memanfaatkan berbagai bangunan baik milik pemda, sekolah maupun gedung milik kalurahan dan kapanewon di DIY termasuk Balai Diklat Kemensos di Jalan Veteran Yogyakarta. Para penyintas sendiri bisa mengakses secara gratis 59 shelter dengan fasilitas yang disiapkan.
“Syaratnya adalah warga tersebut sudah dinyatakan positif swab antigen atau PCR, membawa fotokopi KTP dan hasil swabnya. Di shelter, mereka mendapat vitamin, permakanan tiga kali sehari dan alat mandi juga. Penyintas masuk membawa baju dan mungkin obat yang biasa mereka minum saja,” sambungnya.

Selain itu, di beberapa titik di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta juga dibuka shelter isolasi mandiri. Terdapat sebanyak 44 shelter isoman yang dapat diakses warga suspek Covid-19 yang tersebar di lima kabupaten Yogyakarta dengan total daya tampung 927 orang. Di Kota Yogyakarta terdapat 4 titik, Kabupaten Gunungkidul 5 titik, Kabupaten Bantul 23 titik, Kabupaten Kulonprogo 2 titik, dan Kabupaten Sleman 12 titik. Informasi terkait shelter yang tersebar di 5 kabupaten tersebut dapat diakses pada laman Instagram @jogja_darurat. (Krissanti)


Sumber:

DIY Siapkan 59 Shelter Gratis Isoman untuk Warga Positif Covid

Bagikan informasi ini :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email